Banjir di Manado menyebabkan ribuan warga terdampak. [iNews]

7.818 Jiwa Terdampak Banjir Manado, 1.130 Bangunan Rusak

Manado, Jurnalsulawesi.com – Korban banjir di Kota Manado, Sulawesi Utara, hingga kini mencapai 7.818 yang berasal dari 2.201 kepala keluarga. Dari data tersebut, lima kecamatan yang terdampak parah yakni Kecamatan Wanea, Kecamatan Mapanget, Kecamatan Singkil Kecamatan Paal dua dan Kecamatan Wenang. Banjir juga mengakibatkan 1.130 bagunan terendam air, rusak dan atau hanyut terbawa arus.

Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut, dan Wakil Wali Kota Mor Bastiaan didampingi Sekda Micler Lakat yang turun langsung ke lokasi yang mengalami banjir dan tanah longsor. Dia mengimbau warga yang bermukim di wilayah bencana agar segera mengungsi ke tempat yang lebih aman.

“Kepada seluruh masyarakat terutama yang tinggal di bantaran sungai dan daerah rawan longsor dan banjir, saya harap segera mengungsi ke lokasi yang lebih aman,” kata Lumentut, Sabtu (2/2/2019).

Selain itu, Pemerintah Kota Manado juga membuka posko kesehatan dan bantuan penanggulangan bencana bagi masyarakat di beberapa titik lokasi bencana, di antaranya Puskesmas Wenang, Posko di samping Rumah kopi Klabat, Puskesmas Paniki Bawah di Kantor Lurah Kairagi I, Puskesmas Tikala Baru di Dinas Tenaga Kerja, Puskesmas Bengkol di perumahan Bhayangkara Buha, dan Puskesmas Ranomuut di Gereja Bethel Eden Paal dua.

“Bagi yang membutuhkan obat-obatan, Posko Kesehatan menyiapkan yang diperlukan. Mari kita semua berdoa untuk keselamatan seluruh masyarakat Kota Manado,” kata Vicky.

Di sisi lain, sebagian besar wilayah di Kota Manado masih terjadi pemadaman listrik sampai dengan hari ini karena tinggi air masih tinggi dan cenderung naik.

“Total Gardu padam yang sebelumnya 32 gardu padam saat ini 38 Gardu atau naik 6 gardu, di ULP Manado Selatan sebelumnya 9 gardu menjadi 3 gardu, sedangkan di ULP Manado Utara dari 29 gardu menjadi 39 gardu yang dipadamkan,” ujar General Manager (GM) PLN Area Manado, Kuswantono. [***]

Sumber; iNews

(Visited 24 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*