Kapolda Sulteng, Brigjen Pol Drs Lukman Wahyu Hariyanto, melantik dan mengambil sumpah Bintara Polri TA 2018/2019, di SPN Polda Sulteng, Senin (4/3/2019). [Humas Polda Sulteng]

Bintara Polri Harus Mampu Laksanakan Tugas dengan Optimal

Palu, Jurnalsulawesi.com – Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengatakan, bintara remaja Polri merupakan salah satu elemen terdepan dalam pengamanan Pemilu 2019. Karena itu, harus mampu melaksanakan tugas dengan optimal.

“Persiapkan diri dengan baik, tanamkan disiplin dan tekad yang kuat, serta implementasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah saudara-saudara peroleh di lembaga pendidikan, demi keberhasilan pelaksanaan tugas,” kata Kapolri dalam amanatnya yang dibacakan Kapolda Sulteng, Brigjen Pol Drs Lukman Wahyu Hariyanto, pada upacara Pelantikan dan Penyumpahan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri TA 2018/2019, di SPN Polda Sulteng, Senin (4/3/2019).

Pelantikan dan Penyumpahan Pendidikan 134 Bintara ini dihadiri Pejabat Utama Polda Sulteng, Forkopimda dan Orang Tua/Wali serta keluarga para Bintara Polri.

Jenderal Tito Karnavian juga menekankan agar para Bintara remaja dalam melaksanakan tugas dan pengabdiannya selalu memegang teguh pedoman yang telah ditetapkan Polri.

“Senantiasa tingkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sebagai bekal dalam pelaksanaan tugas,” tegasnya.

Kemudian, Bintara remaja harus memegang teguh serta mengamalkan nilai-nilai luhur Tribrata dan Catur Prasetya sebagai pedoman dalam setiap langkah pengabdian insan Bhayangkara sejati. Laksanakan setiap tugas yang diemban dengan penuh semangat, tanggung jawab, dan keikhlasan.

Terus kembangkan pengetahuan dan keterampilan dalam mendukung pelaksanaan tugas. Jangan pernah berhenti untuk belajar, berlatih, dan menuntut ilmu;

Senantiasa menjaga nama baik serta kehormatan diri, keluarga, dan institusi. Hindari segala pelanggaran disiplin, pelanggaran Kode Etik Profesi Polri, maupun pelanggaran pidana.

“Dengan demikian, saudara akan menjadi personel Polri yang disiplin dan terampil dalam pelaksanaan tugas, cerdas dan memiliki wawasan akademik yang unggul, serta memiliki kepribadian yang luhur,” pesanya.

Pada saat upacara tersebut dibacakan Keputusan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia nomor: Kep/428/III/2019 tanggal 02 Maret 2019 tentang Pengangkatan, Penggajian dan Penempatan Pertama Siswa Lulusan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri T.A.2019.

Dari 134 Bintara Polri SPN Polda Sulteng yang dilantik kali ini, sebanyak 128 personel akan ditempatkan di Polda Sulteng, empat personel ditempatkan di Densus 88 Anti Teror dan 2 (Dua) personel di Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri.

Usai upacara, para Bintara Polri unjuk kebolehan dengan memperagakan Tehnik Beladiri Polri, Pengendalian Massa dan Tarian Kolosal yang dilaksanakan dengan baik setelah dilatih dan digembleng oleh para Pembina SPN Polda Sulteng, selama tujuh bulan sejak tanggal 07 Agustus 2018.

Unjuk kebolehan juga lakukan oleh para Bhayangkari, berupa tehnik bongkar pasang Senjata Laras Panjang dengan cepat, tepat dan cekatan.

Diketahui, pada tahun anggaran 2018/2019 ini sebanyak 7.989 Bintara Polri dan 398 Polwan yang dilantik serentak diseluruh SPN Polda, Pusdik Binmas, Pusdik Sabhara dan Sepolwan.

Sebelumnya diberitakan, SPN Polda Sulteng meraih peringkat kelima setelah Sepolwan, SPN Polda Bali, SPN Polda Bengkulu, dan SPN Polda Jatim dalam pelaksanaan ujian Penilaian Secara Nasional (PSN) yang diselenggarakan di seluruh Sekolah Polisi Negara untuk mencetak Bintara Polri yang Profesional, Modern dan Terpercaya. [***]

 

Penulis; A. Yudhistira/*

(Visited 28 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*