BTNLL Gencarkan Operasi Kawasan Lindung

 Palu,  (jurnalsulteng.com)- Balai Taman Nasional Lore Lindu (BTNLL), Sulawesi Tengah, terus menggencarkan operasi pengamanan kawasan hutan lindung dari berbagai gangguan.

“Dalam razia, kita sering bekerja sama dengan pihak Polri dan TNI,” kata Kepala Balai Taman Nasional Lore Lindu Harijoko Setio Parsetyo di Palu, Jumat (12/7/2013).

Menurut dia, tanpa bantuan dari Polri dan TNI, sangat sulit bagi petugas Balai Taman Nasional Lore Lindu untuk dapat mengamankan dan mengawasi areal hutan yang cukup luas itu.

Selama ini dalam operasi-operasi yang dilakukan selalu mendapat dukungan dan bantuan tenaga dari jajaran kepolisian dan TNI. Kerja sama tersebut cukup berhasil karena dalam beberapa kali operasi yang dilakukan membuahkan hasil mengembirakan.

Seperti yang dilakukan beberapa waktu lalu di Dataran Tinggi Napu, Kabupaten Poso, petugas gagungan berhasil mengamankan sejumlah warga bersama beberapa barang bukti hasil hutan.

Sejumlah warga “nakal” yang melakukan aktivitas ilegal di Kawasan Taman Nasional Lore Lindu di Desa Watumaeta, Kecamatan Lore Utara, setelah berhasil ditangkap langsung diamankan dan kini dalam proses hukum.

Mereka membuka areal kebun dan juga mengambil hasil hutan, terutama kayu dari dalam kawasan hutan lindung di wilayah itu.

Selama ini desa-desa yang berbatasan langsung dengan kawasan hutan lindung sangat rawan. Karena itu batas-batas wilayah harus jelas sehingga warga tidak membuka kebun dalam kawasan.

Yang sering terjadi, ada sebagian warga yang melakukan tindakan tak terpuji seperti menghilangkan batas selanjutnya membuka kebun.

Karena sudah menjadi kebun, lalu mereka mengklaim bahwa itu adalah areal mereka, padahal sebelumnya lahan itu masuk dalam kawasan Taman Nasional Lore Lindu.***

sumber:antarasulteng.com

(Visited 7 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*