Ketua DPRD Donggala, Azis Rauf menyerahkan catatan strategis atas LKPJ akhir masa jabatan Bupati Donggala, Kasman Lassa, pada sidang paripurna istimewa, Rabu (28/11/2018). [Jose Rizal]

DPRD Minta Pemkab Donggala Tempatkan Guru Sesuai Sebaran Penduduk

Donggala, Jurnalsulawesi.com – Ketua DPRD Kabupaten Donggala Aziz Rauf meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat agar dalam penempatan guru-guru sekolah disesuaikan dengan sebaran jumlah penduduk.

Hal tersebut dikatakannya saat memimpin sidang Paripurna istimewa akhir masa jabatan Bupati Kasman Lassa dan Wakil Bupati Donggala Vera Elena Laruni, periode 2014-2019, di ruang sidang utama, Rabu (28/11//2018).

Menurut Azis, perbaikan kinerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) diharapkan melakukan peningkatkan program Donggala Kanamavali (Donggala Cerdas), karena selama ini belum memperlihatkan hasil atau capain maksimal.

“Selain itu, urusan penempatan tenaga pengajar harus disesuaikan dengan sebaran penduduk,” ujarnya.

Karena itu kata Azis, Pemkab Donggala melalui Dinas Dikbud sebaiknya menata kembali penempatan guru, terutama yang berada di desa atau pelosok.

Hal tersebut perlu dilakukan demi suksesnya program pemkab dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Wilayah Kabupaten Donggala.

“Termasuk penempatan Kepala Sekolah. Kalau perlu dilakukan melalui seleksi ketat, bukan sekadar ditunjuk untuk menempati jabatan itu. Penempatan guru juga harus sesuai dengan keilmuannya,” imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, Program Donggala Kanamavali (PDK) adalah Program unggulan Dinas Pendidikan Kabupaten Donggala yang bertujuan untuk mewujudkan Donggala Cerdas.

Capain kinerja Bupati Donggala disampaikan dalam Paripurna DPRD berdasarkan PP No 3 tahun 2017, yang mengharuskan bupati menyampaikam capain kinerjanya selama empat tahun melalui LKPJ.

“DPRD sebagai mitra diwajibkan mengawasi capaian kinerja pemkab dengan memberikan sembilan catatan strategis untuk penyempurnaan dan perbaikan kinerja kedepan,” kata Azis. [***]

Penulis; Jose Rizal

(Visited 26 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*