Gubernur Sulteng, Longki Djanggola melakukan tanam pohon di depan Kantor UPT KPH Balantak, Jumat (28/9/2018). [Humas Pemprov]

Gubernur Minta Kantor UPT KPH Difungsikan

Luwuk, Jurnalsulawesi.com – Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Longki Djanggola, memerintahkan Kepala Dinas Kehutanan (Dishut) agar pejabat dan personil yang telah ditetapkan, memfungsikan Kantor Unit Pelaksanaan Tehnis Kesatuan Pengelolaan Hutan (UPT – KPH) Balantak di Luwuk. Sehingga sarana dan prasana serta semua fasilitas kantor bisa dijaga dan dirawat utamanya kebersihan. Kantor yang bersih, indah, dan sehat akan memberi semangat dan motivasi bagi petugasnya.

“Bekerja dan berkarya secara optimal, untuk mengelola wilayah kesatuan pengelolaan hutan yang berada di wilayah Kabupaten Banggai ini,” kata gubernur, saat meresmikan Kantor UPT – KPH Balantak di Luwuk, Jumat (28/9/2018).

Gubernur juga mengimbau agar segera merancang pemanfaatannya secara seimbang dan berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat.

Gubernur Longki, menyebutkan pembangunan kantor ini merupakan salah satu dari 13 UPT KPH yang dibangun oleh pemprov.

“Syukur kehadirat Allah SWT, hari ini kita sudah dapat meresmikan kantor UPT KPH Balantak, yang merupakan salah satu dari 13 UPT yang dibentuk oleh pemerintah provinsi,” katanya

Gubernur Longki, mengemukakan bahwa ke depan seluruh UPT KPH Dishut Sulteng dan yang ada di Kabupaten Banggai akan dibangun permanen untuk mendukung program penataan dan kebersihan Kota Luwuk yang disebut Pinasa, supaya dapat meraih kembali Adipura.

Pemprov katanya, memberi persetujuan untuk memberikan aset-aset provinsi yang ada di Kabupaten untuk dimanfaatkan sesuai dengan fungsinya.

Gubernur yang juga Ketua DPD Partai Gerindra Sulteng ini menyebutkan, bangunan kantor ini, merupakan bangunan eks cabang Dishut Kanwil Sulteng yang dibangun tahun 1974.

“Saat ini sudah bisa kita renovasi dan  letak kantor KPH Balantak ini juga sangat tepat berada di tengah – tengah wilayah yang akan dikelola oleh UPT KPH  Balantak unit XVIII  dan XX,” ujar Gubernur Longki.

Harapannya, personil dalam kantor UPT KPH Balantak, dapat menjalankan tugas teknis operasional atau jadi penunjang pada Dishut di bidang pengelolaan hutan dengan baik. Fungsinya adalah melayani masyarakat khususnya di bidang pengelolaan hutan.

Turut hadir pada peresmian UPT KPH itu diantaranya Bupati Banggi Herwin Yatim, Wakil Bupati Banggai Mustar Labolo, Kepala Dinas Kehutanan Nahardi, Kadis Bina Marga Saifullah Djafar, Kadis Parawisata, dan Plt. Kadis Perhubungan Sulteng, Fachrudin, serta unsur Forkopimda dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Banggai.

Pada kesempatan itu Gubernur Longki menerima sertifikat tanah lokasi Kantor UPT KPH Balantak dari Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Banggai. Gubernur Longki juga menandatangani prasasti dan melakukan penanaman pohon secara simbolis bersama Herwin Yatim dan Mustar Labolo di depan Kantor UPT KPH. [***]

Penulis; Bob Shinoda/*
Editor; Sutrisno

(Visited 34 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*