Honor Disunat, Petugas Pantarlih Palu Mengeluh

Palu (jurnalsulteng.com)- Beberapa petugas Panitia Pemutahiran Data Pemilih (Pantarlih) Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2014 di Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), mengeluhkan adanya pemotongan honor yang harus mereka terima antara 25-30 persen.

“Honor kami dipotong rata-rata Rp19.000 per orang,” kata Ny Agustina, salah seorang petugas Pantarlih di Kelurahan Tatura Selatan, Senin (15/7/2013).

Ia mengatakan bahwa berdasarkan keterangan dari PPS Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Tatura Selatan, kebijakan pemotongan itu sudah merupakan kebijakan dari KPU Kota Palu. PPS hanya melaksanakan sesuai dengan aturan main yang ada.

“Kalau mau lebih jelas alasan pemotongan honor pantarlih silahkan langsung tanyakan kepada Sekretaris atau Bendahara KPU Kota Palu,” kata Ny Agustina menguitip keterangan salah seorang PPS Kelurahan Tatura Selatan.

Hal senada juga disampaikan Suyono, salah seorang petugas pantalih di Kecamatan Palu Selatan, Suyono, yang juga adalah Ketua RT di Kelurahan Tatura Selatan, yang juga mempertanyakan pemotongan honor pantarlih.

Menurut dia, pemotongan honor tersebut sangat merugikan mereka.

“Honor sedikit, tetapi pekerjaan yang dilakukan pantarlih cukup berat dan dipotong pula,” katanya.

Ketua PPS Kelurahan Tatura Selatan, Welem Tambing membenarkan adanya pomotongan tidak hanya dilakukan kepada petugas pantarlih, tetapi semua, termasuk PPK dan PPS.

“Ya honor kami juga dipotong antara 25-30 persen,” katanya.

Menurut surat yang ada prihal pemotongan honor tersebut berkaitan dengan pajak (pph).

Ia juga menyarankan kepada petugas pantarlih yang merasa keberatan atas pemotongan honor dimaksud untuk mempertanyakan langsung kepada KPU Kota Palu.

“Silahkan kalau mau tanyakan langsung kepada KPU supaya lebih jelas,” katanya lagi.

Welem mengatakan honor petugas pantarlih khusus Kelurahan Tatura Selatan telah dibayarkan dua tahap. Tapi pertama setiap orang menerima Rp320 ribu.

Tetapi pada pembayaran tahap kedua, setiap orang hanya menerima Rp301.000 karena dipotong Rp19.000.

Hingga saat ini PPS Kelurahan Tatura Selatan telah menyelesaikan penetapan daftar calon pemilih (DCS) sementara Pemilu Presiden dan legislatif.(ant)

(Visited 18 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*