IMM Kota Palu. [Ist]

IMM Kota Palu Deklarasi Tolak Hoax

Palu, Jurnalsulawesi.com – Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Palu mendeklarasikan penolakan terhadap berita bohong atau hoax dan ujaran kebencian.

Ketua IMM Kota Palu Fakultas Kesehatan Masyarakat Rulbang Lawandang kepada wartawan mengatakan, deklarasi ini dilakukan untuk menangkal penyebaran informasi berbau fitnah, hasutan maupun hoax di media sosial (medsos) yang dapat membuat resah masyarakat.

“Kami dari mahasiswa IMM Kota Palu mendeklarasikan diri dan menolak segala informasi dan berita hoax. Menolak setiap orang yang sengaja menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu antar kelompok masyarakat berdasarkan SARA,” katanya.

Ia juga menjelaskan hoax merupakan material informasi yang direkayasa untuk menutupi informasi sebenarnya. Upaya pemutarbalikan fakta, melalui proses pembacaan dengan informasi yang meyakinkan tetapi tidak dapat diverifikasi. Hoax juga terkadang mengacaukan informasi yang benar dengan cara membanjiri suatu media dengan pesan yang salah untuk menutupi pesan yang benar.

“Makanya kami mengajak kepada seluruh elemen masyarakat tanpa membedakan gender, usia, agama, suku dan golongan untuk memanfaatkan media sosial secara positif dan produktif, cerdas dan mengedukasi masyarakat dengan menyebar informasi benar dan tidak menyebar hoax,” ujarnya, di Palu Senin (18/2/2019).

IMM Kota Palu juga menghimbau dan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memerankan fungsi masing-masing secara baik mulai dari diri pribadi, keluarga dan lingkungan untuk menjaga situasi dan kondisi masyarakat tetap kondusif aman dan damai, apalagi jelang pesta demokrasi 2019 mendatang.

” Yang jelas kami sangat mendukung terselenggaranya Pemilu 2019. Kami pum berharap pesta demokrasi kali ini bisa berlangsung aman, damai, jujur dan adil (Jurdil),” tandasnya. [***]

Penulis; Agus Manggona

(Visited 13 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*