Jejeran ina-ina penjual Dange (Jepa) di Anjungan Gonenggati Donggala, usai menerima bantuan payung dari Anggota DPRD Abd Rasyid, Rabu (28/11/2018) sore. [Jose Rizal]

Ina-ina Penjual ‘Dange’ Dapat Bantuan Payung

Donggala, Jurnalsulawesi.com – Pedagang kuliner tradisional makanan berbahan sagu Dange alias Jepa mendapat bantuan Payung, untuk digunakan berjualan di seputaran Anjungan Gonenggati, Kelurahan Kabonga Kecil, Kabupaten Donggala, Rabu (28/11/2018) sore.

Pemberian bantuan kepada mantan pedagang di Taman Ria, Kota Palu ini diberikan oleh anggota DPRD Kabupaten Donggala, Abd Rasyid.

“Bantuan ini memang nilainya tak seberapa, harapan kami bisa digunakan sebaik-baiknya untuk melancarkan usaha di seputaran Anjungan Gonenggati,” kata Abd Rasyid, yang juga Wakil Ketua II DPRD Donggala.

Lebih jauh dikatakan politisi termuda di DPRD ini, usaha kecil sepantasnya diberikan perhatian ditengah serbuan modernisasi yang semakin “menggila”, bentuk perhatian dapat berupa memberikan suport ataupun permodalan agar kedepannya mereka (ina-ina) bisa terus menjalankan aktifitas bisnis kulinernya.

“Anda bisa bayangkan bisnis kuliner makanan khas daerah bisa dipertahankan dan bahkan masih memiliki nilai jual di tengah hadirnya produk makanan moderen dengan peralatan dan tempat usaha super mewah. Sebagai masyarakat Donggala yang kebetulan ada di DPRD, kami akan memberikan sumbangsih pemikiran kepada pemerintah daerah, agar memperhatikan keberlangsungan hidup bisnis kuliner dange ini,” jelasnya.

Selain pemberian bantuan Payung kepada penjual dange, bantuan penerangan juga diberikan. Aliran listrik mulai mengalir ke setiap lapak ina-ina, yang mayoritas berasal dari Desa Kola-kola ini.

“Alhamdulliah, ina-ina sudah tidak gelap lagi sudah bisa berjualan sampai malam,” tutup Abd Rasyid.

Sementara, Ina-ina yang yang mendapat bantuan tersebut merasa terharu atas pemberian payung tersebut dan tak henti-hentinya mengucapkan terima kasih, sembari sesekali mengusap matanya yang sembab karena terharu.

“Oh ana pedodo madea (mudah-mudahan banyak) rejekimu. Kami hanya rakyat kecil tidak bisa berbuat apa-apa, terimakasih banyak atas perhatian dan bantuannya,” ucap mama Nisfa salah satu pedagang dange. [***]

Penulis; Jose Rizal

(Visited 88 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*