Kasi Pidsus Kejari Tolitoli, Rustam Efendi, SH.

Jaksa Limpahkan Dugaan Korupsi DD ke Pengadilan, Kades Lampasio Segera Disidang

Tolitoli, Jurnalsulawesi.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Tolitoli, telah melimpahkan berkas perkara dugaan korupsi Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD), yang dilakukan Kepala Desa Lampasio Kecamatan Lampasio, Kabupaten Tolitoli, ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Palu, pada Senin (11/3/2019).

“Senin kemarin kami sudah melimpahkan berkas perkara dugaan tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh Kades Lampasio Ahmad Yusuf, ke PN Tipikor Palu,” kata Kasi Pidsus Kejari Tolitoli, Rustam Efendi, SH, kepada Jurnalsulawesi.com, di ruang kerjanya, Selasa (12/3/2019).

Dengan dilimpahkannya berkas perkara, lanjut Rustam Efendi, maka tidak lama lagi akan dikeluarkan jadwal persidangan perkara tersebut.

“Setelah berkasnya dilimpahkan ke PN Tipikor, kami tinggal menunggu jadwal persidangan dari Majelis Hakim,” jelasnya.

Rustam menjelaskan, dari hasil audit tim Aparat Pengawasan Interen Pemerintah (APIP) yang ada di Inspektorat Tolitoli, dugaan penyimpangan kerugian Negara atas pengelolaan DD dan ADD tahun anggaran 2016 yang dilakukan Ahmad Yusuf, sebesar Rp436.091.878.10.

“Itu indikasi kerugian Negara atas hasil audit APIP Inspektorat Tolitoli,” ujarnya.

Rustam menjelaskan, kasus ini terungkap atas laporan warga setempat, terhadap pengelolaan DD dan ADD tahun anggaran 2016.

Dari laporan warga, sejumlah item pekerjaan fisik yang dilaksankan tidak sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB). Bahkan sejumlah pekerjaan fisik tidak selesai di laksanakan, sehingga Kejaksaan Negeri setempat melakukan penyelidikan dan penyidikan atas laporan warga tersebut.

Tersangka Ahmad Yusuf, kata Rustam Efendi, SH akan dijerat dengan pasal 2 dan 3 Undang-Undang Tipikor Nomor 31 tahun1999, sebagaiamana telah di ubah UU nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU nomor 31 tahun 1999. [***]

Penulis; Athifa M
Editor; Agus Manggona

(Visited 89 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*