Pemain Liverpool merayakan kemenangan 1-0 atas Napoli pada babak penyisihan Grup C Liga Champions di Anfield, Rabu (12/12/2018) dini hari WITA. [AP]

Klub Inggris Berjaya, Wakil Italia Kandas di Liga Champions

Jurnalsulawesi.com – Skor akhir Inggris 2, Italia 0 pada fase penyisihan grup Liga Champions yang menentukan, Rabu (12/12/2018) dini hari WIB. Dua klub Inggris, Liverpool dan Tottenham berhasil melaju ke babak 16 besar, sementara tak ada wakil Italia yang lolos.

Liverpool berhasil menang 1-0 ata Napoli di Anfield, dan tim harus berterima kasih kepada kiper Alisson Becker yang melakukan penyelamatan gemilang pada masa injury time. Tottenham, meski hanya bermain imbang 1-1 dengan Barcelona tetap lolos setelah pada laga lainnya di Grup B, Inter Milan gagal mengalahkan PSV Eindhoven (1-1).

Baik Liverpool dan Tottenham sama-sama mengakhiri babak penyisihan sebagai runner-up grup. Napoli yang sebelum laga kontra Liverpool sempat memimpin klasemen Grup C, kemudian kandas setelah Paris Saint-Germain, berhasil menang 4-1 atas Red Star Belgrade.

Di grup A, Borussia Dortmund mengalahkan AS Monaco dengan skor 2-0. Itu artinya wakil Jerman menjadi pemuncak klasemen di atas Atletico Madrid yang bermain imbang tanpa gol lawan Club Brugge.

FC Porto sudah kukuh di puncak klasemen Group D sebelum kemenangan 3-2 atas Galatasaray semalam. Sementara runner-up Schalke mengalahkan tim tamu, Lokomotiv Moscow, 1-0.

Juara grup akan diundi melawan runner-up pada babak 16 besar Liga Champions. Adapun, para peraih posisi tiga penyisihan grup akan berlaga di babak 32 besar Liga Europa.

Para pemain Inter Milan terlihat kecewa usai laga kontra PSV Eindhoven, semalam. [AP Photo]

Kebangkitan Inggris
Di Liga Champions, empat tim (semua wakil) Inggris berhasil lolos ke 16 besar setelah Manchester City dan Manchester United lebih dulu memastikan berlaga di fase knock out. Sementara, Italia hanya menyisakan Juventus dan AS Roma yang sudah memastikan lolos ke 16 besar meski baru akan melakoni laga terakhir penyisihan grup malam nanti.

Pada laga semalam, Liverpool sebenarnya sempat membuat fan mereka tegang dengan hanya berhasil mencetak satu gol (Mohamed Salah) dari 21 kali percobaan. Sadio Mane menjadi pemain yang paling banyak menyia-nyiakan peluang, padahal mendapatkan tiga kali peluang emas di depan gawang Napoli.

Refleks luar biasa Alisson Becker pada menit-menit akhir laga menggagalkan Napoli menyamakan kedudukan lewat Arkadiusz Milik. Pelatih Liverpool, Juergen Klopp, sampai kehabisan kata-kata untuk menggambarkan penyelamatan gemilang Alisson.

“Penyelamatan Alisson, saya tak punya kata yang tepat untuk mengomentari itu,” kata Klopp selepas laga usai sebagaimana dilansir laman resmi UEFA.

Di Camp Nou, Tottenham nyaris tersingkir setelah sempat tertinggal satu gol sejak menit ketujuh. Meski mengistirahatkan beberapa pemain inti, Barcelona tetap tampil dominan yang ditandai dua kali bola sepakan Philippe Coutinho membentur tiang gawang Spurs.

Lucas Moura menjadi penyelamat Tottenham lewat golnya pada menit ke-85. Memanfaatkan umpan silang mendatar Harry Kane, Moura menjebol gawang Jasper Cillessen lewat satu kali sentuhan.

PSG dan Dortmund di Puncak
Paris Saint-Germain sebenarnya memulai penyishan grup C dengan kekalahan dari Liverpool. Namun, Neymar dkk kemudian tak terkalahkan pada sisa laga dan total mencetak 17 gol.

Mesin gol PSG yakni Edinson Cavani, Neymar, dan Kylian Mbappe semua mencetak gol pada laga kemenangan 4-1 atas Belgrade. Kemenangan memastikan mereka bisa menghindari tim kuat seperti Barcelona atau Manchester City pada babak 16 besar.

Borussia Dortmund yang sedang menjadi pemuncak Bundesliga juga mengakhiri fase penyisihan grup dengan gemilang. Raphael Guerreiro, bek sayap asal Portugal mencetak dua gol ke gawang Monaco yang menjadi juru kunci hanya dengan raihan satu angka.

Liga Europa
Galatasaray menjadi ‘pemenang’ di Grup D, setelah meraih posisi ketiga meski sempat kalah 2-3 pada laga kandang dari Porto. Wakil Turki itu semalam berhasil menang 1-0 atas Schalke lewat gol telat pada masa injury time.

Porto and Schalke sudah memastikan lolos ke babak 16 besar sebelum melakoni laga semalam. Porto menjadi pemuncak Grup D dengan raihan 16 angka. [***]

 

Sumber : Republika / AP

(Visited 14 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*