Kredit Konsumsi Perbankan Syariah Tertinggi

Jurnal Palu– Selama triwulan IV 2012, jumlah kredit konsumsi yang disalurkan perbankan syariah di Sulteng memiliki porsi tertinggi, yakni sebesar 66 persen atau Rp558 miliar dari total kredit yang disalurkan sebesar Rp846 miliar.

Dalam Laporan Kajian Ekonomi Regional triwulan IV 2012 Kantor Bank Indonesia (KBI) Perwakilan Sulteng menyebutkan, sampai dengan triwulan IV 2012  kinerja perbankan syariah di Sulteng tumbuh cukup baik.

Pada triwulan IV 2012, aset perbankan
syariah meningkat sebesar Rp117 miliar, yakni dari Rp829 miliar meningkat
menjadi Rp946 miliar atau tumbuh 14,13 persen (yoy).

Selain itu, dana pihak ketiga (DPK) perbankan syariah juga mengalami pertumbuhan sebesar 39,99 persen (yoy), atau meningkat Rp162 miliar, dari Rp405 miliar menjadi Rp567 miliar.

Peningkatan jumlah DPK pada triwulan laporan terutama dipengaruhi adanya
peningkatan tabungan sebesar Rp136 miliar atau tumbuh 50,92 persen (yoy), yaitu dari  Rp266 miliar menjadi Rp402 miliar.
Sementara itu, jumlah tabungan, deposito dan giro DPK bank syariah memiliki porsi masing-masing 70,80 persen, 22,13 persen dan 7,07 persen dari total DPK bank syariah.Peningkatan volume usaha dan aktivitas perbankan
syariah mencerminkan meningkatnya kepercayaan masyarakat pada sistem
perbankan syariah.
Hal tersebut menjadi bukti, telah berjalannya edukasi dan sosialisasi
perbankan syariah kepada masyarakat, serta menjadi bukti pula kelayakan usaha perbankan syariah sebagai suatu kegiatan usaha yang menguntungkan.Sampai dengan triwulan laporan, jumlah bank syariah di Provinsi Sulteng sebanyak  lima bank umum syariah. Sedangkan untuk BPR Syariah, sampai saat ini  belum hadir di Sulteng.

Melihat potensi peningkatan aset dan rekening perbankan syariah di Sulteng masih terbuka luas, diharapkan akan ada pemain baru khususnya bank-bank konvensional yang akan mendirikan unit
usaha syariah serta pendirian BPR Syariah baru ataupun konversi dari perbankan konvensional menjadi perbankan syariah.Trs
(Visited 17 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*