[Ilustrasi]

Lacak Tipe Pesawat yang Anda Tumpangi di Empat Situs Ini

Jurnalsulawesi.com – Berita jatuhnya pesawat Boeing 737 Max 8 milik Ethiopian Airlines yang setipe dengan pesawat Lion Air yang jatuh beberapa waktu lalu mungkin menimbulkan kekhawatiran bagi sebagian penumpang.

Para penumpang di Indonesia tak perlu khawatir karena pemerintah lewat Kementerian Perhubungan telah melarang pesawat Boeing 737 Max 8 untuk mengudara sejak Senin (11/3/2019).

Langkah ini diambil untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan, karena pesawat Boeing 737 Max 8 tersebut, adalah tipe pesawat Lion Air yang mengalami kecelakaan pada 29 Oktober tahun lalu, serta kecelakaan maskapai Ethiopian Airline dengan nomor penerbangan ET 302, Minggu (10/3/2019).

Meski demikian, belum ditemukan adanya hubungan jatuhnya pesawat Ethiopia Airlines berkaitan dengan masalah yang dialami oleh Lion Air. Berdasarkan hasil penyelidikan, jatuhnya Lion Air akibat anomali sensor di hidung pesawat.

Namun, Boeing 737 MAX 8 masih mengudara disejumlah negara di Amerika Utara dan Timur Tengah. Bagi anda yang sering berpergian dengan pesawat dan penasaran dengan tipe pesawat yang ditumpangi, Anda bisa melacak tipe pesawat yang dipakai lewat beberapa situs web. Sebab, seringkali tipe pesawat yang digunakan tidak tertera di tiket pesawat.

Selain melacak tipe pesawt, situs web ini juga bisa digunakan untuk melihat jadwal penerbangan, status penerbangan, dan dimana pesawat yang hendak dilacak berada.

Untuk memasukkan tipe pesawat yang ingin dilacak di situs-situs ini, pengguna tinggal memasukkan kode penerbangan. Kode ini bisa ditemukan di tiket penerbangan Anda.

Kode ini biasanya terdiri dari 6 hingga 7 digit. Dua digit pertama berupa huruf yang menunjukkan nama maskapai, GA untuk Garuda Indonesia, JT untuk Lion Air, misalnya. Empat digit berikutnya adalah nomor penerbangan dengan rute tertentu, 0961 misalnya. Jadi, JT 0961 menunjukkan penerbangan dengan Lion Air dengan rute Denpasar-Bandung-Medan.

Berikut empat situs yang bisa digunakan untuk melacak tipe pesawat yang digunakan.

1. FlightAware (flightaware.com)
Anda bisa mengecek tipe pesawat yang ditumpangi lewat FlightAware. Di situs ini, pengguna tinggal memasukkan nama maskapai dan nomor penerbangan (empat digit angka).

Pada bagian kanan bawah tampak tipe pesawat dari nomor penerbangan yang dilacak. [Screenshot via flightaware.com]

Tampilan pada situs juga menunjukkan bandara keberangkatan, bandara tujuan, waktu tempuh, tipe layanan kabin, tipe pesawat, hingga jarak tempuh penerbangan, serta kecepatan pesawat. Lengkap dengan peta yang menunjukan bandara keberangkatan serta bandar tujuan.

2. SeatGuru (seatguru.com)

Tampilan tipe pesawat muncul di kiri atas [Screenshot seatguru.com]

SeatGuru akan menampilkan denah tempat duduk dan tipe pesawat pada nomor penerbangan yang anda masukan. Setelah anda memilih waktu penerbangan yang merupakan jadwal anda, anda akan dipindahkan ke layar yang menampilkan kursi-kursi yang tersedia di jenis pesawat yang anda tumpangi.

Pengguna juga bisa mengecek tempat duduk mana yang paling nyaman saat melakukan pemesanan. [Screenshot seatguru.com]

Situs ini juga membubuhkan kategori kursi-kursi mana yang merupakan ‘posisi nyaman’, ‘perhatian’ sampai ‘posisi buruk’. Selain itu, bagan pesawat juga dilengkapi simbol-simbol yang memudahkan anda untuk mempelajari di mana lokasi toilet, maupun pintu darurat. Selain itu, anda dapat menelusuri lebih lanjut pelayanan yang disediakan maskapai.

3. Flightview (flightview.com)
Flightview menghadirkan informasi yang lebih simpel. Pada pelacak nomor penerbangan, anda akan diberikan informasi mengenai bandara, terminal, serta waktu keberangkatan.

Tipe pesawat langsung tampil di kotak informasi ini. [Screenshot flightview.com]

Begitu juga bandara tujuan, dengan perkiraan waktu sampai. Anda dapat melihat jenis pesawat yang akan anda tumpangi, serta informasi kondisi cuaca yang sedang terjadi, baik di bandara keberangkatan, maupun bandara tujuan. Sebagai tambahan, anda juga dapat mencari hotel di kota tujuan anda, melalui situs pihak ketiga.

4. Flightradar24 (flightradar24.com)
Untuk situs Flightradar24, anda dapat melihat histori perjalanan menggunakan nomor penerbangan yang anda gunakan. Untuk versi gratis, anda dapat mengakses histori perjalanan pesawat selama seminggu ke belakang. Untuk melacak penerbangan di masa yang lebih lampau, pengguna mesti membayar.

Situr FlightRadar24 menyediakan informasi yang lebih komprehensif tentang pesawat dan penerbangan. [Screenshot flightradar24.com]

Pada setiap perjalanan yang sudah diselesaikan, akan ada data, serta pelacakan rute yang diambil pesawat. Selain itu, ada juga informasi kedatangan dan kepergian dari masing-masing bandara, informasi tersebut memuat waktu, nomor penerbangan, maskapai, tujuan, jenis pesawat, serta status penerbangan. [***]

 

Sumber; CNNIndonesia

(Visited 21 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*