Serangan jantung pada wanita. [Ilustrasi]

Lima Hal Lain yang Bisa Memicu Serangan Jantung

Jurnalsulawesi.com – Kita semua mengetahui rokok, obesitas dan kurang olahraga dapat meningkatkan kemungkinan mengalami serangan jantung. Tetapi terdapat sejumlah pemicu lainnya yang mungkin Anda belum pernah mendengarnya dan kemungkinan tidak memperhatikannya.

Penyakit kardiovaskular adalah penyebab utama kematian dunia berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Kami mengkaji sejumlah risiko tersembunyi ini.

1. Tidak Membersihkan Gigi dengan Benang
Sejumlah kajian memperlihatkan bahwa orang-orang dengan kesehatan gigi yang buruk memiliki tingkat masalah kardiovaskular yang lebih tinggi.

Gusi berdarah dan radang memungkinkan bakteri masuk ke aliran darah. Hal ini akan membantu terbentuknya tumpukan lemak di arteri.

Ini juga akan menyebabkan jantung memiliki tingkat protein tertentu yang tinggi, yang membuat peradangan pembuluh darah. Peradangan pada akhirnya akan menyebabkan serangan jantung atau tekanan darah tinggi.

Jalan keluarnya? Bersihkan gigi dengan menggunakan benang (flossing) secara teratur dan jangan melupakan kunjungan ke dokter gigi.

2. Membenci Atasan
Ini bukanlah lelucon – membenci atasan dapat merusak kesehatan kardiovaskular Anda.

Studi selama 10 tahun Swedia yang diterbitkan British Medical Journal menyatakan, hubungan buruk dengan para bos di tempat kerja dapat meningkatkan kemungkinan serangan jantung sebesar 40 persen.

“Serangan jantung dapat dipicu karena stres pekerjaan yang berarti,” kata Vijay Kumar, kardiolog di Health Heart Institute, Orlando, AS.

Jika ditambah dengan faktor-faktor lain, seperti tidak cukup tidur dan mengonsumsi makanan yang buruk akan lebih meningkatkan risiko penyakit koroner.

3. Peristiwa Traumatis
Kejadian traumatik seperti kematian anggota keluarga dapat menghancurkan jantung.

Menurut American Menopause Society, pembuluh darah perempuan yang telah mengalami tiga atau lebih peristiwa mengguncangkan dalam kehidupan akan menunjukkan kinerja pekerjaan yang lebih buruk dibandingkan perempuan yang tidak mengalami hal yang sama.

Kardiolog Jackie Eubany mengatakan, tingkat stres tinggi dapat menyebabkan peningkatan produksi adrenalin yang berarti. Ini akan mempercepat detak jantung dan meningkatkan tekanan darah.

4. Merasa kesepian
British Medical Journal menyatakan, orang tidak aktif secara sosial memiliki kemungkinan terkena penyakit jantung sebesar 29 persen dan 32 persen lebih besar mengalami serangan jantung. Salah satu alasannya adalah kesepian dapat menyebabkan stres dan orang kesepian tidak memiliki siapa pun yang dapat membantu menghibur mereka.

Kajian Oxford University yang diterbitkan pada tahun 2014, menganalisis lebih dari 700.000 perempuan selama delapan tahun. Mereka menemukan orang yang memiliki pasangan 28 persen lebih kecil berkemungkinan meninggal karena ischemic cardiomyopathy dibandingkan perempuan yang hidup sendiri.

5. Depresi
Asosiasi Jantung Amerika menyatakan, 33 persen pasien serangan jantung di AS kemungkinan mengalami depresi. Para ahli memperkirakan orang dengan masalah kejiwaan kemungkinan tidak mampu mengambil keputusan yang baik.

Nieca Goldberg, Direktur Kesehatan pada Joan H. Tisch Centre for Women`s Health, New York mengatakan, kebiasaan seperti diet sehat atau mengurangi konsumsi alkohol kemungkinan terlalu memberatkan penderita depresi.

“Orang yang merasa kondisi mentalnya buruk tidak akan melakukan hal-hal yang menenangkan. Mereka kemungkinan tidak akan memikirkan apakah mereka sehat atau tidak,” dokter menjelaskan.

6. Menopause
Perempuan lebih cenderung terkena serangan jantung selama beberapa tahun setelah menopause. Ini dapat dikaitkan dengan penurunan hormon alamiah estrogen di tubuh.

Estrogen diyakini memiliki pengaruh postif terhadap dinding dalam arteri, membantu kefleksibelan pembuluh darah.

Kardiolog Jackie Eubany menambahkan pertambahan umur membuat pembuluh darah lebih kaku, sehingga meningkatkan tekanan arteri. Meskipun demikian, susunan makanan sehat dan olah raga teratur dapat membantu mengatasi pengaruh ini. [***]

Sumber; Viva

(Visited 12 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*