Longki Minta Seluruh Kabupaten Bentuk TPID

 Palu,  (jurnalsulteng.com)- Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola meminta seluruh pemerintah daerah di wilayahnya untuk membentuk tim pengendalian inflasi daerah (TPID) mengingat lembaga itu memiliki peran penting di bidang perekonomian.

“Pemda (pemerintah daerah) wajib membentuk TPID untuk dukung ekonomi daerah,” kata Longki saat memberikan sambutan pada acara serah terima jabatan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Tengah di Palu, Jumat (12/7/2013).

Saat ini TPID hanya terbentuk di Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dan Pemerintah Kota Palu, sedangkan sepuluh kabupaten yang ada di provinsi ini belum memiliki TPID.

TPID bertugas memberikan rekomendasi kepada pemerintah setempat untuk melakukan langkah-langkah strategis yang bisa menekan laju inflasi.

Setiap bulan TPID yang terdiri Bank Indonesia, pemerintah, dan lembaga teknis terkait melakukan pertemuan. Hasil pertemuan tersebut kemudian menjadi pedoman dalam menentukan kebijakan ekonomi secara singkat.

Menurut Longki, keterjangkauan barang dan jasa di setiap daerah adalah berbeda-beda sehingga adanya TPID bisa membantu pemerintah daerah dalam menentukan kebijakan.

Dia juga menyampaikan apresiasi kepada Bank Indonesia yang turut serta membidani lahirnya TPID Sulawesi Tengah sejak sekitar empat tahun silam.

Dia juga menyatakan keberadaan Bank Indonesia di wilayahnya selama ini dinilai penting karena dapat berperan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Provinsi Sulawesi Tengah.

Dia mengatakan penyampaian prospek ekonomi di Sulawesi Tengah yang dirilis Bank Indonesia bisa membantu dunia usaha dalam melakukan kegiatannya.

Selain itu, kajian ekonomi regional yang disampaikan secara berkala juga menjadi referensi Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah serta pelaku dunia usaha terkini.

Menurutnya, pengendalian inflasi harus dilakukan secara bersama-sama sehingga pertumbuhan ekonomi Sulawesi Tengah tetap positif di tengah lesunya perekonomian secara global.***

sumber: antarasulteng.com

(Visited 6 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*