Nizar Rahmatu

LSM Garuda Nyatakan Perang Terhadap Hoax

Palu, Jurnalsulawesi.com – Penyebaran berita bohong alias hoax dan ujaran kebencian di media sosial memantik perhatian sejumlah pihak. Tak terkecuali Presidium LSM Gerakan Rakyat Untuk Daerah (Garuda) Nizar Dg Rahmatu, S.Sos alias Robby.

Menurutnya, semua pihak harus menyatakan perang terhadap hoax. Sejumlah organisasi pun kata dia, telah sepakat dengan hal itu. “Semuanya menyatakan perang terhadap berita hoax,” ujar Nizar yang juga Wasekjen PB Ansor Pusat ini, kepada wartawan Rabu (13/2-2019).

Sebagai masyarakat, lanjut Robby harusnya bisa lebih teliti dalam membaca sebuah kabar atau berita. Apalagi di dalam Al-Quran, jelas disebutkan untuk melakukam tabayun atau klarifikasi terhadap kabar yang diterima.

“Maka tabayunlah, klarifikasilah. Jangan kita datang justru menyebarkan sesuatu yang tidak kita ketahui,” tegas salah satu tokoh pemuda Sulteng ini.

Diketahui, Kepolisian Republik Indonesia telah menangkap sejumlah sindikat yang memproduksi dan sudah terbukti menyebarkan ratusan berita palsu, dalam tiga tahun terakhir. Robby miris dengan kebenaran tersebut yang nyatanya kini membuat masyarakat terbelah.

“Itu telah menjadikan anak dan adik menjadi jauh ayah dan anak menjadi jauh dan itu semua karena berita palsu untuk kepentingan sesaat,” sebutnya.

Karenanya, perang terhadap hoax dan ujaran kebencian harus digerakkan di benak semua pihak.

“Mari kita sama-sama memerangi berita hoax jangan sampai kita termakan oleh berita -berita yang tidak jelas, justru satu sama lain saling bermusuhan,” pungkasnya.

Menurutnya, hoax adalah kebohongan. Kebohongan adalah kejahatan yang harus dibinasakan, karena dapat merusak tatanan berkehidupan dan berkebangsaan serta merusak perdamaian.

Karena itu, melawan hoax sebagai tindakan perang melawan kebohongan yang dapat memecah persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kita siap menggerakkan seluruh potensi generasi muda melawan untuk hoax dan ujaran kebencian sebagai wujud menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Kemudian menolak politik identitas dan mendukung Pilpres 2019 yang demokratis, jujur, dan berkualitas,” tandasnya. [***]

Penulis; Agus Manggona

(Visited 34 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*