Kasi Intel Kejari Tolitoli, Hazairin, SH.

Minat OPD di Kabupaten Tolitoli Didampingi TP4D Masih Minim

Tolitoli, Jurnalsulawesi.com – Tim Pengawal Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) kurang diminati Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Tolitoli. Terbukti hingga Februari 2018, baru dua instansi di daerah setempat yang bermohon untuk dimintai pendampingan TP4D.

Padahal dalam menjaga kelancaran pembangunan dan percepatan penyerapan anggaran di kabupaten tersebut perlu dilakukan pendampingan yang diperankan pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Tolitoli.

Kepala Seksi Intelejen (Kasi Intel) Kejari Tolitoli, Hazairin SH membenarkan. Menurutnya tahun lalu dari puluhan OPD di Tolitoli yang telah dilakukan pendampingan hanya sekira tiga instansi diantaranya Badan Lingkungan Hidup (BLH), Dinas Transmigrasi, Dinas Perumahan dan Pemukiman, sementara tahun 2019 yang bermohon dan resmi hanya Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Mokopido.

“Tahun ini, ada lima pihak OPD yang sudah berkordinasi tetapi yang belum mengajukan permohonan adalah dinas Perdagangan dan Pariwisata,” kata Hazairin, di Tolitoli, Selasa, (19/02/2019).

Menurutnya, kehadiran TP4D bertujuan untuk meningkatkan upaya pencegahan terjadinya tindak pidana korupsi di instansi pemerintah dan merupakan program terencana yang sungguh-sungguh agar percepatan penyerapan anggaran dapat terdorong demi kepentingan kesejahteraan rakyat.

“TP4D perlu didukung dan dilaksanakan sehingga pencegahan korupsi yang dilaksanakan oleh institusi ini dapat berlangsung dengan efektif dan optimal. TP4D dimaksudkan untuk menjaga kelancaran program pembangunan,” tambah Kasi Intel Kejari Tolitoli itu.

Kewenangan Kejari Tolitoli pada TP4D menurutnya telah dipandang perlu untuk memberikan pendampingan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) dalam hal akselarasi pembangunan dan program-program strategis. Peran Kejaksaan Negeri sebagai lembaga penegak hukum untuk mendukung keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di daerah baik dalam kegiatan pelaksanaan maupun pemanfaatan hasil pembangunan termasuk dalam upaya mencegah timbulnya penyimpangan dan kerugian negara.[***]

Penulis; Ramlan Rizal

(Visited 203 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*