Para pemain Timnas U-22 Indonesia menyapa para pendukung seusai pertandingan Semi Final Piala AFF U-22 melawan Vietnam di Stadion Nasional Olimpiade Phnom Penh, Kamboja, Minggu (24/2/2019). Timnas U-22 Indonesia berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 1-0 sehingga melaju ke babak final. [Antara]

Piala AFF U-22 2019, Indonesia Bertemu Thailand di Final

Phnom Penh, Jurnalsulawesi.com – Timnas Indonesia U-22 bakal meladeni Thailand pada final Piala AFF U-22 2019. Thailand lolos ke final setelah menyingkirkan Kamboja lewat drama adu penalti 5-3 (0-0) di Olympic Stadium, Phnom Penh, Minggu (24/2/2019) malam.

Duel Kamboja U-22 kontra Thailand U-22 berjalan alot. Tidak ada gol yang tercipta hingga waktu normal 90 menit.

Pelatih Vietnam Kritik Permainan Kasar Timnas Indonesia U-22
Hal yang sama terjadi pada babak perpanjangan waktu sehingga laga dilanjutkan lewat adu penalti.

Kamboja mendapat kesempatan untuk menendang lebih dahulu dan sukses menjebol gawang Thailand. Saringkan Promsupa sebagai penendang pertama Thailand menyamakan skor.

Kamboja gagal menambah skor setelah bola hasil eksekusi Sin Kakada mendarat tipis di atas gawang. Thailand kembali memimpin 3-1.

Kamboja akhirnya mengejar setelah eksekusi N. Kakada masuk ke gawang Thailand. Skor 3-2. Korawich Tasa membawa Thailand memimpin 4-2.

Skor menjadi 4-3 setelah penendang kelima Kamboja sukses. Thailand memastikan kemenangan setelah penendang terakhir sukses mengeksekusi penalti.

Bungkam Vietnam
Sebelumnya, Timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF U-22 2019 setelah membungkam Vietnam 1-0 pada semifinal di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Minggu (24/2/2019).

Kemenangan Indonesia berkat gol tunggal M. Luthfi Kamal Baharsyah pada menit ke-69.

Duel babak pertama berjalan alot dan tak ada gol yang tercipta dari kedua tim. Vietnam unggul penguasaan bola dengan persentase 51:49. Namun, Indonesia unggul dalam tembakan ke arah gawang.

Pada babak pertama, Indonesia melepaskan dua tembakan ke gawang, sementara dua tendangan Vietnam tak satu pun yang mengarah ke gawang.

Pada babak kedua, Indonesia langsung menekan. Tim Garuda Muda membuat dua peluang, termasuk peluang emas dari sundulan Marinus Wanewar pada menit ke-53. Namun, bola mampu diamankan kiper Phan Van Bieu.

Indonesia akhirnya membobol gawang Vietnam pada menit ke-69 melalui tendangan bebas yang dieksekusi Luthfi Kamal. Bola mengucur ke pojok kiri gawang Phan Van Bieu.

Unggul 1-0, Indonesia terus menekan. Dua peluang dibuat anak asuh Indra Sjafri dalam rentang waktu empat menit.

Posisi Indonesia belum aman. Vietnam juga gencar melakukan serangan bertubi-tubi. Tensi pertandingan pun semakin panas. Wasit Thant Zin Oo dari Myanmar mengeluarkan dua kartu kuning untuk pemain Indonesia, Witan Sulaeman dan M. Rafi Syarahil.

Indonesia kembali mendapat peluang dari bola mati pada menit ke-81, namun eksekusi tendangan sudut Luthfi Kamal belum menghasilkan gol tambahan.

Sepuluh menit terakhir menjadi waktu yang mendebarkan bagi tim Garuda Muda. Vietnam terus menggempur pertahanan Indonesia. Empat peluang berbahaya dibuat oleh tim besutan Nguyen Quoc Tuan. Hingga menit ke-85, skor masih 1-0 untuk Indonesia.

Wasit kembali mengeluarkan kartu kuning untuk Indonesia. Kali ini giliran kiper Awan Setho yang dihukum karena dianggap mengulur waktu.

Pada injury time, Vietnam terus menerus membongkar pertahanan Indonesia. Tambahan waktu lima menit dimaksimalkan untuk menyamakan skor. Hingga laga berakhir, kedudukan 1-0 tetap tak berubah.

Final Piala AFF U-22 2019 digelar di Olympic Stadium Selasa (26/2/2019) pukul 18.30 WIB. [***]

 

Sumber; Bola

(Visited 13 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*