Pokja Sultim Harus Kerja Keras

Palu, Jurnalsulteng.com  – Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah dari daerah pemilihan Banggai, Banggai Kepulauan dan Banggai Laut, Zulfakar Nasir mengatakan kelompok kerja (Pokja) pembentukkan Provinsi Sulawesi Timur (Sultim) harus bekerja keras agar bisa masuk dalam program legislasi nasional.

“Harus dikejar tahun ini atau tahun depan. Jangan sampai menyeberang ke 2019 karena enam bulan sebelum Pemilu, DPR tidak bisa lagi mengeluarkan kebijakan strategis,” kata Zulfakar di Palu, Jumat (9/9/2016) menanggapi pembentukan Provinsi Sulawesi Timur.

Politisi Partai Demokrat itu mengatakan jika tidak ada kerja keras baik di DPR maupun di DPD, Zulfakar khawatir pembahasan pembentukan daerah otonom Sulawesi Timur akan dibahas pascapemilu 2019.

Dia mengatakan Partai Demokrat juga akan berusaha membantu perjuangan Pokja pemekaran sehingga mempercepat proses pembahasannya di DPR RI.

Bagi Zulfakar, pembentukan Sulawesi Timur adalah keniscayaan karena seluruh persyaratan sudah terpenuhi baik syarat dasar maupun syarat administrasi.

Terkait adanya gejolak penolakan dari beberapa kelompok masyarakat di Poso terkait penempatan ibu kota provinsi di Luwuk, Kabupaten Banggai, Zulfakar tidak bersedia memberikan komentar.

“Nanti subjektif karena itu daerah saya. Kita serahkan ke mekanisme yang ada,” katanya.

Rencana pembentukan Provinsi Sulawesi Timur yang terpisah dari Sulawesi Tengah sudah disetujui DPRD Sulawesi Tengah, akan meliputi enam kabupaten yakni Banggai, Banggai Kepulauan, Banggai Laut, Morowali, Morowali Utara dan Tojo Unauna.

Ibu kota provinsi ditetapkan di Luwuk, ibu kota Kabupaten Banggai.

Sebelumnya mantan Ketua Panitia Khusus Pembentukan Sultim DPRD Sulawesi Tengah Akram Kamarudin mengatakan cepat atau lambatnya Sultim sekarang berada di tangan Komite I DPD RI.

Menurut Akram, jika DPD cepat mengajukan rekomendasi ke DPR maka pembahasan Sultim juga akan semakin cepat.

Pekan lalu Komite I DPD RI telah berkunjung ke Luwuk, melihat persiapan calon ibu kota Provinsi Sulawesi Timur tersebut. (***)


Source; Antara

(Visited 99 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*