Kondisi paket proyek Kebun Kopi masih tahap pengerjaan meski telah menyeberang tahun. [Bob Shinoda]

Proyek Jalan Kebun Kopi Belum Rampung

Palu, Jurnalsulawesi.com – Ditjen Bina Marga Kementrian PUPR pada tahun 2017 – 2018 menggelontorkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk proyek ruas jalan nasional di Sulawesi Tengah di bawah naungan Badan Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XIV Palu. Di antaranya adalah paket proyek di jalur Kebun Kopi. Data yang dihimpun media ini, ada dua paket proyek peningkatan jalan ruas Tawaeli-Toboli yang sedang berjalan. Paket ini selalu mendapatkan kucuran dana setiap tahun, karena disebut proyek multi years atau tahun jamak.

Pertama, rekonstruksi dan penanganan lereng Nupabomba – Kebun Kopi-Toboli sepanjang enam kilometer yang menghabiskan dana APBN tahun jamak 2017 – 2018 sebesar Rp123,2 miliar. Proyek itu dan dikerjakan kontraktor PT Wasco SP-KSO.

Kedua, rekonstruksi dan penanganan lereng Tawaeli – Nupabomba-Kebun Kopi-Toboli (4 km) menggunakan dana APBN tahun jamak (2017-2018) sebesar Rp74,7 miliar. Proyek tersebut dikerjakan PT. Tunggal Mandiri Jaya (TMJ).

Kedua proyek ini harusnya sudah rampung pada September 2018, namun hingga pekan ketiga bulan Januari tahun 2019, kedua proyek ini masih berjalan.

Dari pemantauan wartawan pada 21 Januari 2019, buruh kerja, alat berat, dan Dump truck kedua perusahaan pemenang tender proyek ini masih terus beroperasi.

Arpan, salah seorang warga pengguna jalan yang hendak melintas mengatakan, dirinya sudah berulang kali melintas di jalur Kebun Kopi saat akan dimulai pengerjaan proyek hingga sekarang masih diberlakukan buka tutup jalan, lantaran ada pengerjaan proyek.

“Saya bertanya-tanya kapan selesai proyek ini, sudah lumayan lama,” katanya dengan singkat.

Sementara itu, Kepala BPJN Palu, Setyo Yoyok Kasudit yang dikonfirmasi belum memberikan tanggapan, namun demikian melalui Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Julian mengaku akan memberikan tanggapan pada pekan depan.

“Wawancara nanti Minggu depan saja pak bersama Satker,” ujar Julian di balik telepon genggam. [***]

Penulis ; Bob Shinoda

(Visited 136 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*