Pekerja tengah mengganti Paving Block yang rusak sebagai bentuk tanggungjawab PT Bina Kaili sebagai rekanan, proyek Peningkatan Permukiman Tuweley Tolitoli. [Ist]

Rekanan Benahi Proyek Peningkatan Permukiman Tuweley

Tolitoli, Jurnalsulawesi.com – Proyek peningkatan kualitas Permukiman Kumuh Perkotaan Kawasan Tuweley, Kabupaten Tolitoli Tahun 2018, sampai saat ini terus dibenahi setelah sebelumnya, sebagian ruas mengalami sedikit kerusakan, akibat sering di lewati kendaraan truk dengan muatan material.

Perbaikkan itu dilakukan karena PT Bina Kaili selaku pelaksana proyek APBN dengan anggaran sekira Rp5.290.000.000,- itu tidak ingin katakan lari dari tanggungungjawab, sekalipun pekerjaan tersebut telah rampung 100 persen sejak tahun 2018 lalu.

Direktur PT Bina Kaili, Acin Malewa mengatakan, bahwa paving block yang terpasang memang ada yang terbongkar. Namun terbongkarnya paving block tersebut bukan karena tidak sesuai spek, tetapi murni karena sering dilintasi kendaraan roda empat yang memuat material.

Seorang pekerja tengah melakukan perbaikkan pada sisi jalan yang dibangun sebagai peningkatan permukiman kumuh Perkotaan Tuweley. [Ist]

“Meski demikian pihaknya akan tetap bertanggungjawab, karena ini juga demi kemaalahatan masyarakat,” kata Acin Malewa, kepada Jurnalsulawesi.com, Selasa (5/3/2019).

Ditambahkan Acin jika ada yang beranggapan bahwa proyek ini tidak sesuai spek, apalagi sudah banyak yang rusak tidaklah benar. Proyek yang dikucurkan Kementerian PUPR melalui Satker Pengembangan Kawasan Permukiman Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) telah sesuai prosedur serta ketentuan yang tertuang dalam dokumen kontrak.

Bahkan material press (pra cetak) harus didatangkan dari Kota Palu, sebab persediaan di Kota Tolitoli minim. Semua itu tambah Acin tidak.menjadi, asalkan kualitas serta realisasi pekerjaan tidak ada yang menyimpang, apalagi sampai merugikan keuangan negara.

Jadi kualitas paving block, tak usah diragukan karena menggunakan pra cetak K-225. Begitu juga terkait sorotan terkait item pekerjaan cor pondasi yang katanya tidak sesuai.

Padahal kata Acin semuanya sudah sesuai spek dan tidak ada yang dilanggar. Terbukti, masyarakat Kelurahan Tuweley saat ini sangat memberi respon sebab dengan telah dibangunnya proyek jalan ini, akan memudahkan serta melancarkan akses transportasi bagi masyarakat. Tidak hanya, daerah yang dilintasi jalan ini akan terlihat lebih rapi. [***]

Rekanan melakukan pembongkaran untuk dibenahi kembali Paving Block yang ambles akibat dilintasi kendaraan bermuatan berat. [Ist]

Penulis; Agus Manggona

(Visited 56 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*