Tips Jitu Cegah Serangan Penjahat Siber

Ilustrasi

Jurnalsulteng.com – Menjamurnya kejahatan siber terhadap serangan ransomware semakin menyebar luas. Tak tanggung-tanggung korbannya dari berbagai kalangan pengguna PC komputer, karyawan, perusahaan, industri keuangan atau perbankan.

Namun demikian untuk mengantisipasi serangan ransomware tersebut, Director Global Research & Analysis Team APAC Kasperky Lab Vitaly Kamluk memberikan beberapa ulasan dan tips untuk menghindarinya.

“Meningkatkan ekonomi di seluruh dunia, maka semakin banyaknya muncul beragam jenis ransomware baru. Sebut saja Locky, jenis ransomware trojan yang telah menyebar besar-besaran pada April 2016, setidaknya serangan Locky sudah terjadi di 114 negara,” ujar Kamluk beberapa waktu lalu dalam acara Kasperky Lab, APAC Cyber Security Weekend, di Jimbaran, Bali.

Dia menjelaskan, jenis malware Ransomware yang mencari keuntungan finansial dengan menyandera data dari komputer milik korban yang terinfeksi. Pelaku kemudian menuntut sejumlah uang tebusan sebagai imbalan untuk akses ke dokumen pada korban.

Atas hal itu berikut kiat-kiat yang harus dilakukan pengguna untuk menghadapi jenis ransomware, Locky, dan sebagainya dari Kaspersky Lab di antaranya:

– Pengguna disarankan untuk selalu menggunakan versi terbaru dari software, menginstal solusi keamanan internet, memback-up data-data pribadi file mereka, seperti disimpan di cloud, atau portabel flashdisk, hard disk, dan sebagainya.

– Rutin dan giat secara berkala Anda harus memperbarui sistem operasi, website browser, atau antivirus secara teratur. Pasalnya, para pelaku kejahatan siber cenderung memanfaatkan kerentanan pada software untuk mengganggu sistem.

– Berhati-hatilah saat membuka e-mail dari pengirim yang tidak dikenal, melampirkan link yang mencurigakan atau tidak terduga. Jika merasa ragu jangan dibuka, sebab untuk memancing pengguna untuk membuka pesan elektronik tersebut metode ini biasa disebut phishing.

– Situs malware yang bisa saja dikirimkan oleh teman di media sosial atau lawan main di online game yang akunnya terinfeksi dan pakai sistem keamanan kuat dan andal untuk melindungi sistem Anda dari ransomware. Terlebih untuk kalangan pebisnis, perusahaan, sebab mereka menyimpan data konsumen. (***)


Source; Okezone

(Visited 14 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*