Letnan Kolonel Kav I Made Maha Yudhiksa (memakai helm) meninjau pekerjaan jembatan kura-kura di Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, Minggu (3/3/2019). [Antara]

TMMD Genjot Perbaikkan Jembatan Kura-kura di Sigi

Sigi, Jurnalsulawesi.com – Anggota TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di wilayah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, terus mengenjot pekerjaan perbaikan Jembatan Kura-Kura, yang menghubungkan Kecamatan Nokilalaki dengan Kecamatan Palolo yang rusak akibat banjir tahun 2016 lalu.

“Jembatan ini sangat vital untuk masyarakat karena menghubungkan beberapa desa, seperti Desa Kapiroe dan Desa Petimbe serta menghubungkan Kecamatan Palolo dengan Kecamatan Nokilalaki,” kata Dansatgas TMMD Sigi Letnan Kolonel Kav I Made Maha Yudhiksa, S.Sos, MM, Minggu (3/3/2019).

Berangkat dari situ, kata Komandan Kodim 1306/Donggala ini, pihaknya konsen terhadap perbaikan jembatan yang diberi nama Kura-kura oleh masyarakat setempat, yang saat ini pekerjaannya sudah mencapai 30 persen.

“Perkiraan sekarang progres pekerjaan jembatan ini sudah mencapai 30 persen dan nanti rencananya di samping memperbaiki jembatan ini dengan mengunakan kayu-kayu agar bisa dilalui oleh masyarakat dan kenderaan, kita juga menyiapkan pengamanan sisi jembatan,” ujarnya.

Pengamanan jembatan nanti akan mengunakan bronjong yang diisi dengan batu-batu, yang kemudian dan akan ditempatkan di kanan kiri jalur jembatan.

“Tidak berhenti sampai disitu, kita lihat bahwa sungai ini cukup besar dan potensi untuk merusak badan jembatan atau sisi jembatan sangat besar sehingga kami juga sudah berkoordinasi dengan balai yang memang berkompeten di bidang sungai ini adalah Balai Wilayah Sungai (BWS), kita sarankan agar sungai ini dinormalisasi,” katanya.

Karena kata perwira menengah TNI AD yang pernah bertugas selama enam bulan di Jerman ini, jembatan itu bisa berfugsi dengan baik untuk membantu menunjang aktivitas masyarakat dalam mewujudkan masyarakat sejahtera.

“Target pekerjaan jembatan ini mulai hari ini, sebelum TMMD berakhir pekerjaan jembatan ini selesai. Kurang lebih tiga minggu kita harapkan bisa selesai,” tandasnya. [***]

 

Sumber; Antara

(Visited 24 times, 2 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*